Haitek.my.idData tentang kehamilan ibu hamil di suatu wilayah menjadi sangat penting agar dapat memantau tingkat kesejahteraan ibu hamil di daerah. Untuk dapat mengontrol semua data ibu hamil dengan baik, dibutuhkan satu sistem yang terintegrasi sehingga memudahkan petugas kesehatan melakukan pemantauan. Program merupakan aplikasi yang membantu manajemen database kondisi kesehatan Ibu hamil dan melahirkan untuk petugas kesehatan di klinik atau Puskesmas. Program dapat diinstall di server lokal maupun hosting online. Requirements yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi yaitu PHP minimal 5.0 ke atas. Aplikasi ini dirancang untuk kebutuhan pengabdian masyarakat bersama Politeknik Aisyiyah Pontianak. 

Fitur yang tersedia dalam aplikasi : 

Tampilan depan aplikasi

Tampilan tabel aplikasi



a. Beranda

Pada bagian beranda terdapat informasi mengenai aplikasi dan beberapa petunjuk terapi untuk mengurangi stress pada ibu hamil. Selain itu, terdapat informasi tentang surah dari Al-Qur’an mengenai kehamilan yaitu surah Al Ankabut ayat 6, Ali Imran 104, dan An Nisa ayat 32.

b. Fitur Informasi

Berisikan tentang informasi seputar kehamilan dan tips pencegahan masalah saat hamil, seperti stress, defisiensi asam amino dan hyperemesis.

c.  Fitur Akun

Merupakan fitur yang bisa digunakan untuk pengguna baik petugas puskesmas dan ibu hamil. Untuk bisa menggunakan fitur dalam akun, pengguna perlu melakukan registrasi dahulu. Selanjjutnya baru login.

d. Data Master

Fitur data master digunakan untuk melakukan input data pasien dan juga data karyawan puskesmas atau petugas kesehatan yang bertugas. Dengan fitur Data master, maka semua data akan terorganisir lebih mudah dicari pada satu menu. Data Master berisikan meliputi data kelurahan dan data keluarga.

e.  Data Pengguna

Data pengguna berisikan profil petugas kesehatan seperti dokter, bidan dan petugas admin di Puskesmas.

f.   Data Medis

Data medis berisikan informasi yang berhubungan dengan pasien seperti : data ibu hamil, data kehamilan, data ibu nifas, data ibu yang mendapat rujukan penanganan ke rumah sakit dan data akhir ibu hamil.

g.   Report

Fitur dini diguanakan untuk menampilkan statistik data ibu hamil, nifas dan melahirkan dari satu kelurahan. Statistik yang ditampilkan berupa grafik garis. Laporan yang ditampilkan dalam fitur report antara lain : data ibu hamil, melahirkan, nifas, melahirkan dengan bayi yang sehat dan melahirkan bayi yang meninggal.

Demikian informasi ini disampaikan. Jika rekan-rekan tertarik dengan aplikasi ini atau ingin meminta pengembangan dapat menghubungi kami melalui link WA, klinik di sini