Haitek - Menghadapi kondisi Pandemi yang kasusnya dimulai pada 2019 silam, semua sektor mulai gencar memanfaatkan teknologi untuk membantu pekerjaan. Hampir semua  pekerjaan akhirnya harus dikerjakan secara online termasuk dalam mengajar. Untuk membuat materi pengajaran, metode yang dapat digunakan adalah dengan menyampaikan secara live online atau rekaman. Merekam pembelajaran merupakan metode yang paling membantu buat siswa atau mahasiswa. Hal tersebut karena dengan pengajar membuat video rekaman pembelajaran, maka siswa atau mahasiswa dapat mengulanginya berkali-kali untuk memahami suatu materi. Dengan demikian pemahaman siswa atau mahasiswa dapat lebih baik dan menguasai penuh materi yang disampaikan. 

Untuk membuat rekaman video pembelajaran, sudah banyak tersedia aplikasi yang bisa digunakan salah satunya Open Broadcast Software (OBS). Aplikasi tersebut merupakan aplikasi perekaman yang dapat digunakan untuk merekam layar PC/Laptop. Dibandingkan dengan aplikasi perekaman lainnya yang serupa seperti Bandicam, OBS ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Mulai dari layar yang bisa dirubah-rubah dengan cepat dan waktu perekaman yang tidak terbatas. 

Untuk tutorial lebih lengkap, dapat melihat penggunaan OBS pada gambar di bawah ini : 

Tampilan Awal
Tampilan Awal Aplikasi
Untuk membuat layar kerja pertama, gunakan tombol pada tanda di gambar


Untuk menambah sumber rekaman gunakan simbol pada gambar. Jika ingin menampilkan slide presentasi maka gunakan windows capture

Menambahkan Slide Sebagai Sumber Rekaman, Pilih Window Capture lalu Berikan Nama

Pilih Slide yang Akan DiJadikan Layar Perekaman, Lalu OK

Jika Layar Perekaman Sudah Siap, Klik START RECORDING

Untuk hasil Perekaman, Dapat Membuka Menu Settings --> Folder Hasil Rekaman cek di Recording Path

Demikian informasi ini, silahkan komentar di bawah jika masih ada hal yang kurang jelas ya. Terima Kasih. 

,