Haitek - Puskesmas merupakan instansi yang memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat. Untuk bisa memberikan pelayanan prima, Puskesmas dituntut untuk melakukan screening secara rutin ke lingkungan yang berada di sekitar wilayah di mana Puskesmas tersebut berdiri. Hasil screening ini nantinya akan disimpan dalam bentuk data kemudian dapat dilaporkan ke Dinas Kesehatan. Laporan yang dibuat oleh petugas Puskesmas layaknya mudah dipahami dan efisien. Terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat laporan, salah satunya yang mudah digunakan adalah Microsoft Excel. Namun bagaimana membaut laporan yang efisien dan mudah. Berikut tahapannya : 

Menyiapkan Microsoft Excel 

Aneka versi Excel sebenarnya dapat digunakan, namun akan lebih bagus jika menggunakan Excel dari Microsoft 2010 ke atas. Hal tersebut karena sudah terdapat beberapa pembaruan fitur sehingga akan memberikan kesan yang mudah dan ringkas dalam membuat laporan. 

Microsoft Excel | Sumber : proprof.com

Membuat Proyek Baru

Untuk membuat file atau proyek baru, cukup dengan membuka Microsoft Excel, klik tombol File --> New --> Blank Workbook. Jika sudah membuat, jangan lupa untuk melakukan Save terlebih dahulu agar jika sedang mengerjakan proyek dan komputer mengalami hang, pekerjaan Anda tidak hilang. 
Membuat File Baru

Klik Tombol Simpan dan Beri Nama File, Tentukan Folder Tempat menyimpan File

Membuat Kolom Nama Item dan Keterangan Lainnya 

Untuk membuat keterangan kolom item dapat menggunakan kolom yang paling atas lalu berikan nama sesuai kebutuhan. Liat gambar di bawah ini : 
File Nama Excel 

Selengkapnya untuk menambahkan berbagai macam fitur dalam laporan dapat melihat tutorial video berikut : 


Bagi rekan-rekan yang ingin mendapatkan file Excelnya dapat klik di sini