Haitek - Pengolahan data menjadi sangat krusial dalam pelayanan di klinik maupun rumah sakit. Penghitungan yang cepat dan tepat menjadi poin penting agar penyajian data dapat terukur dengan baik. Seringkali bagian administrasi pelayanan akan dihadapkan kepada permintaan kalkulasi data yang dilakukan rutin baik dalam hitungan jam maupun bulan. Maka dari itu untuk meminialisir kesalahan dalam penghitungan data yang berjumlah hingga ribuan sangat direkomendasikan menggunakan formula Pivot Table dalam Microsoft Excel. 

Pengertian Pivot Table 

Pivot Table merupakan bentuk tabel yang berisi rangkuman data dari tabel lain dengan menerapkan beberapa operasi tertentu seperti pengurutan (sortasi), penghitungan (count), atau merata-ratakan (sum) dan termasuk pengelompokan data pada grup tertentu. 
Keuntungan menggunakan Pivot Table ini adalah kita bisa menyajikan data lebih ringkas terhadap jenis data yang jumlahnya sangat banyak bahkan hingga ribuan. 

Langkah-Langkah Menggunakan

Persiapan Data 

Siapkan data yang  akan diolah menggunakan Pivot Table. Sebelum mengolah data, pastikan kolom-kolom data tidak ada cell yang termerger agar memudahkan kalkulasi menggunakan Pivot. Contoh dapat dilihat seperti gambar di bawah ini : 
Persiapan data untuk diolah menjadi Pivot

Drag Tabel dan Insert Pivot

Setelah dipastikan tidak ada cell pada kolom data yang termerger, lakukan drag pada tabel, kemudian klik menu Insert --> Pivot Table. 
Drag tabel dan klik Insert Pivot
Klik sesuai yang tertera dalam Lingkaran Merah

Atur Kolom yang Ingin ditampilkan atau Dihitung

Jika sudah berhasil, maka hasilnya akan terlihat pada gambar di bawah. Anda hanya perlu melakukan pengaturan kolom yang ingin ditampilkan dalam data pivot. Jika tidak berhasil silahkan ulangi langkah untuk drag tabel dan insert pivot, jangan lupa untuk memastikan tidak ada Cell yang termerger. 
Jika berhasil, maka Data Pivot akan muncul seperti di atas

Centang Kolom yang ingin diTampilkan Lalu Letakkan Pada Menu yang diinginkan 

Untuk mengaktifkan kolom yang ingin ditampilkan dalam Pivot Table, Anda hanya perlu mengklik kolom yang tersedia lalu letakkan pada menu function : 
  1. Filter : untuk melakukan sortasi data, misal jika Anda ingin melihat data kunjunga per bulan maka kolom tanggal kunjungan dapat diletakkan pada menu Filter. 
  2. Count : untuk menghitung jumlah data namun tidak dapat menghitung total nilai currency (keuangan). Contoh berapa pasien laki-laki yang ditangani atau berapa jumlah perempuannya. 
  3. Sum : untuk menghitung jumlah data dan dapat menghitung total nilai keuangan. Contoh besaran biaya yang ditangani oleh dokter atau perawat pada satu pasien. 

Rapikan Tampilan Pivot

Jika kita lihat di gambar atas, tampak tampilan tabel pivot masih belum maka untuk merapikannya ssilahkan lakukan langkah seperti gambar di bawah ini : 
Pilih Kolom yang Ingin Dirapikan--> Field Setting

Akan Muncul Layar Pop Up, Lalu Pada menu Subtotals pilih Automatic

Untuk Layout, pilih Menu Sesuai Kolom Lingkaran di Atas

Hitung Data Menggunakan Count dan Sum

Seperti yang telah dijelaskan di atas jika data yang ingin dihitung berupa data keuangan, maka gunakan fitur SUM. Langkahnya seperti di bawah ini : 

Klik pada menu yang berisi data Keuangan --> Value Settings

Pilih Menu Sum --> OK

Kolom Biaya akan terkakulasi Jumlah Total Biaya

Demikian tutorial menggunakan Pivot Table untuk kalkulasi data pasien di Puskesmas, jika masih ada yang kurang jelas silahkan kirimkan komentar di bawah ini. Terima kasih